Laba MAPI Tembus Rp 960 Miliar di Semester I-2025: Kinerja Moncer!

Posted on

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menorehkan kinerja gemilang pada semester I-2025. Laporan keuangan yang dirilis Kamis (31/7) lalu menunjukkan laba bersih perusahaan mencapai Rp 960,92 miliar, meningkat 6,84% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (Rp 899,33 miliar).

Kenaikan ini berdampak positif pada laba per saham dasar MAPI yang meningkat menjadi Rp 58 dari sebelumnya Rp 54. Secara keseluruhan, kinerja keuangan MAPI menunjukkan tren positif, ditandai dengan pertumbuhan pendapatan bersih yang signifikan.

Pendapatan bersih MAPI hingga Juni 2025 mencapai Rp 19,56 triliun, meningkat 8,71% dari Rp 17,99 triliun di semester I-2024. Kontribusi utama pendapatan berasal dari segmen penjualan ritel (Rp 16,54 triliun), departemen store (Rp 1,42 triliun), kafe dan restoran (Rp 1,52 triliun), serta pendapatan lain-lain (Rp 131,46 miliar).

Meskipun demikian, peningkatan pendapatan juga diiringi kenaikan beban pokok penjualan dan beban langsung menjadi Rp 11,24 triliun (dari Rp 10,19 triliun). Meskipun demikian, laba kotor tetap meningkat menjadi Rp 8,31 triliun, naik dari Rp 7,97 triliun sebelumnya. Kenaikan beban penjualan menjadi Rp 5,68 triliun (dari Rp 5,24 triliun) dan beban umum dan administrasi menjadi Rp 1,01 triliun (dari Rp 936 miliar) turut berkontribusi pada peningkatan beban usaha menjadi Rp 6,69 triliun (dari Rp 6,17 triliun).

Mitra Adiperkasa (MAPI) akan Tebar Dividen Rp 166 Miliar, Ini Jadwal Lengkapnya

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group, menjelaskan bahwa MAPI mampu mempertahankan kinerja yang stabil di kuartal kedua, meskipun menghadapi ketidakpastian ekonomi makro dan kondisi pasar yang kurang menguntungkan. Ia menambahkan, “Meskipun sebagian penjualan Lebaran beralih ke bulan Maret, peluncuran iPhone 16 pada April memperkuat momentum bisnis digital kami.” Periode liburan sekolah di bulan Juni juga memberikan kontribusi positif terhadap kinerja keseluruhan.

Upaya Digitalisasi dan Ekspansi Toko Jadi Strategi Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)

MAPI terus berkomitmen untuk beradaptasi dengan perubahan gaya hidup konsumen. Hal ini tercermin dalam strategi perusahaan yang fokus pada diversifikasi portofolio. Akuisisi Toast Box pada April dan peluncuran Vivaia di Thailand pada Juni merupakan bukti komitmen MAPI untuk menghadirkan kurasi brand, produk, dan layanan yang tepat bagi konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *